Bagaimana cara mengetahui Windows yang kita gunakan bajakan atau bukan? (Part 1)

Jaka Selasa, 26 Nopember 2019 11:40:44 Tips & Trick 31

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hai sobat, kali ini saya buat postingan yang mungkin agak kontroversial,hehe… mudah - mudahan ini berguna. OS (Operating System) Windows adalah OS (Operating System) yanga sangat populer, hampir semua pengguna PC atau Laptop di Indonesia menggunakan OS (Operating System) Windows. Tapi tahukah anda bahwa Windows yang kita gunakan bajakan atau bukan? Dalam hal ini saya tidak sedang menjudge bahwa anda adalah pengguna OS (Operating System) Windows bajakan atau bukan, postingan ini semata hanya untuk pengetahuan,  bagi sebagian teman - teman hal ini penting, iya penting, soalnya takut dosa bro… D…O…S…A, mengunakan windows atau software bajakan lainnya = mencuri, mencuri = dosa. Maka dengan ini saya jadi tergerak untuk membuat tulisan Bagaimana cara mengetahui Windows yang kita gunakan bajakan atau bukan? ini.

Ok, langsung saja berikut ini adalah beberapa cara untuk mengetahui Windows yang kita gunakan bajakan atau bukan.

1. Pastikan anda pernah membelinya atau tidak.

Cara yang paling tepat untuk mengetahui Windows yang kita gunakan bajakan atau bukan adalah dengan memastikan anda pernah membelinya atau tidak. Yang dimaksud membeli ini adalah di Microsoft Store (bukan di toko - toko market place yang harganya cuma ratusan ribu itu) atau outlet - outler reseller resmi dari microsoft, bisa di lihat listnya di sini. Untuk diketahui harga Windows 10 Home Rp 2.599.999 dan harga Windows 10 Pro Rp 3.799.999 untuk lisensi 1 PC (Sumber store.microsoft.com 26-11-2019).

 

Jadi kalau anda belum pernah membelanjakan uang anda senilai di atas atau bahkan cara membelinya aja tidak tahu berarti ada kemungkinan bahwa windows anda bajakan, hehe, tapi sabar dulu sobat, anda harus membaca point - point berikutnya untuk memastikan bahwa windows anda bajakan.

Memang ada beberapa produk pabrikan PC atau Laptop yang langsung bundling dengan OS Windows Home atau Pro, biasanya harganya lebih mahal, dan di PC atau Laptopnya biasanya terdapat hologram dari Windows. Bagi yang masih awam, mereka tidak tahu menahu, yang mereka tahu ketika membeli PC / Laptop itu sudah ada OS Windowsnya dan microsoft office bahkan ada juga aplikasi Photoshop, Coreldraw, dll. Mudah saja cara mengetahuinya, kalau anda membeli PC / Laptop baru dengan harga Rp. 5.000.000, lalu laptop tersebut sudah terinstall Windows 10 Pro (Rp.  3.799.999), Microsoft Office Profesional (Rp. 8.099.999), belum lagi di tambah Photoshop dll, itu berarti OS Windows bahkan software - software pada laptop anda adalah …?

Berikut harga software - software microsoft yang biasa terinstall pada Laptop, silahkan hitung sendiri. 

  

Untuk difahami bersama, dalam hal ini saya tidak sedang menjudge bahwa toko tempat anda membeli PC / Laptop telah menipu anda, ini tergantung akad anda dengan toko tempat anda membeli laptop. Kalau anda ingin membeli laptop murah di bawah 5juta dengan software - software yang anda inginkan seperti Microoft Office, Photoshop, CorelDraw dll, jawabannya tidak ada. Dengan harga segitu anda hanya dapat laptop tanpa OS atau Laptop yang langsung bundling dengan OS Windows Home (tanpa Microsoft Office apalagi photoshop, dll).

Jadi kesimpulan pada point pertama ini adalah Pastikan anda pernah membelinya atau tidak, apakah cuma ini cara mengetahui Windows yang kita gunakan bajakan atau bukan?, jawabannya tidak, masih ada beberapa point lagi yang perlu saya jelaskan berikut solusinya apabila anda belum/tidak mampu memberi windows atau software - software asli yang harganya cukup mahal, tapi nanti InsyaAllah pada postingan yang berbeda.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat.